Senin, 26 November 2018

macam-macam danau


Macam-Macam Danau

Menurut Hutchinson & Loffler, 1956 dalam Barus, 2004, air danau dapat dibedakan berdasarkan pola pencampuran/sirkulasi. Pencampuran yang terjadi karena adanya bedabobot air pada besaran temperatur yang berbeda. Air dengan bobot yang lebih ringan akan berada di bagian permukaan sedangkan air dengan bobot yang lebih berat akan berada di bagian yang lebih bawah.

Pengelompokan danau berdasarkan pola pencampuran/sirkulasi nya adalah sebagai berikut:

a. Amiktis

Amiktis yaitu danau yang terdapat di daerah kutub, terutama di antartik dan sebagian kecil di arktik (Greenland) yang secara permanen tertutup oleh salju.

b. Monomiktis dingin

Monomiktis dinginya itu danau yang terdapat di daerah kutub dan sub kutub yang mengalami sirkulasi/ pencampuran secara sempurna hanya pada musim panas, sementara pada musim yang lain mengalami stagnasi winter dengan penutupan lapisan salju pada permukaan.

c. Dimiktis

Dimiktis yaitu danau-danau yang terdapat di daerah temperata di bagian utara dari Amerika Utara yang mengalami sirkulasi sempurna pada saat musim gugur dan musim semi.


d. Monomiktis panas

Monomiktis panas yaitu danau yang terdapat di daerah subtropis yang mengalami sirkulasi hanya pada musim dingin dan apabila permukaan air cukup mengalami pendinginan misalnya Bodensee yang terdapat di Jerman.

e. Oligomiktis

Oligomiktis yaitu danau di daerah tropis yang sangat jarang mengalami sirkulasi yang sempurna.

f.  Polimiktis panas

Polimiktis panas yaitu danau di daerah tropis yang mengalami sirkulasi sempurna apabila terjadi penurunan temperatur yang sangat drastis.


g. Polimiktis dingin

Polimiktis dinginya itu danau-danau tropis yang terdapat di pegunungan yang tinggi dan selalu mengalami sirkulasi sempurna, umumnya adalah danau-danau yang terdapat pada ketinggian sekitar 3000 meter dpl.


Asal mula danau bermacam-macam, ada yang berasal dari patahan lempeng bumi, gejala vulkan , buatan manusia, dan masih banyak yang lain-lainnya. Oleh karena itu, selain dibedakan berdasarkan pola pencampuran nya seperti yang telah diuraikan di depan, danau juga dapat digolongkan berdasarkan proses terjadinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMODITAS IKAN CAKALANG DI INDONESIA

MAKALAH HASIL-HASIL PERIKANAN     KOMODITAS IKAN CAKALANG DI INDONESIA                 DISUSUN OLEH...